Subscribe:

Rabu, 05 Maret 2014

Membaca bisa cegah alzheimer dan baca pikiran orang


Kabar gembira buat lo yang kutu buku. Terusin hobi lo itu karena dengan membaca kita akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh kita, nih gue beberin yah :

1. Cegah alzheimer
Tau kan penyakit yang ini. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences di tahun 2001, menemukan bahawa kalau kita melakukan aktivitas yang berhubungan dengan otak, salah satunya membaca cenderung lebih sedikit terkena penyakit ini. So, buat lo yang kutu buku, bisa coba selingi hobi lo itu dengan man games yang berhubungan dengan otak, seperti catur, scrabble, puzzle, TTS, atau games asah otak lainnya.

2. Memperkuat kemampuan dalam membaca pikiran
Nah yang ni menarik nih, lo pengen bisa baca pikiran orang? Nih, studi dari jurnal science mengatakan dengan membaca karya sastra, khususnya fiksi, dan mampu memupuk keterampilan yang dikenal dengan teori pikiran (kemapuan membaca pikiran dan perasaan orang lain).

3. Menjaga ketajaman otak dan meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang rajin membaca buku, otaknya akan tetap terjaga ketajamannya walau sudah tua. Dengan rajin baca lo bisa meningkatkan daya ingat, apalagi kalau saat lo mulai menua, harus tambah rajin baca buku. Studi tersebut menemukan bahwa sangat penting loh melatih otak di saat tua, so kita gak boleh ngeremehin efek dari kegiatan membaca dan menulis.

So, sekarang lo udah tau kan manfaat besar dari membaca buku? Jadi buat lo yang belum hobi baca buku, biasakan diri untuk rutin membaca, bisa buku motivasi, novel, biografi orang sukses, koran/majalah. Ada fakta menyenangkan dari Dr David Lewis yang dilansir dari laman Huffington Post yaitu dengan asyik membaca dapat menghilangkan kekhawatirkan dan tekanan dari luar. Bacanya buku-buku yang menyehatkan untuk otak yah.

0 komentar:

Posting Komentar